Aspek-aspek dalam ilmu Perilaku Konsumen
Dalam mengenal konsumen kita perlu mempelajari perilaku konsumen sebagai perwujudan dari seluruh aktivitas jiwa manusia itu sendiri. Model perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai suatu skema atau kerangka kerja yang di sederhanakan untuk menggambarkan aktivitas-aktivitas konsumen.
Adapun yang mempengaruhi factor-faktor perilaku konsumen yaitu :
~ Kekuatan sosial budaya terdiri dari faktor budaya, tingkat sosial, kelompok anutan, dan keluarga.
~ Kekuatan psikologis terdiri dari pengalaman belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan.
Sedangkan tujuan dan fungsi modal perilaku konsumen sangat bermanfaat dan mempermudah dalam mempelajari apa yang telah diketahui mengenai perilaku konsumen.
Menganalisis perilaku konsumen akan lebih mendalam dan berhasil apa bila kita dapat memahami aspek-aspek pisikologis manusia secara keseluruhan. Kemampuan dalam menganalisis perilaku konsumen berarti keberhasilan dalam menyalami jiwa konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.
Ada tiga variable dalam mempelajari perilaku konsumen :
1. Variable stimulus
Variable stimulus merupakan variable yang berada di luar diri individu (factor eksternal yang sangat berpengaruh dalam proses pembelian).
Contoh : merek dan jenis barang, iklan, penataan barang, dan ruang toko.
2. Variablel respons
Variable respon merupakan hasil aktivita individu sebagai reaksi dan variable setimulus stimulus. Variable respons sangat berpergantung pada factor individu dan kekuatan stimulus. Contoh:keputusan membeli, pemberi penilaian terhadap barang, perubahan sikap terhadap suatu produk.
3. Variable intervening
Variable intervening adalah variable antara stimulus dan respons. Variabel ini merupakan variabel internal individu ,termasuk motif motif membeli ,sikap terhadap suatu peristiwa ,dan persepsi terhadap suatu barang .peranan variable intervening adalah untuk memotifasikan respons.
Ada tiga factor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Yaitu :
1. Konsumen Individu
~ Kebutuhan konsumen,
~ Persepsi atas karakteristik merek,
~ Sikap kearah pilihan.
2. Pengaruh Lingkungan
~ Budaya,
~ Kelas sosial,
~ Grup tata muka,
~ Situasional.
3. Marketing strategy
~ Barang,
~ Harga,
~ Periklanan,
~ Distribusi.
Pendekatan Perilaku Konsumen
1. Pendekatan Kardinal
~Kepuasan konsumsi dapat diukur dengan satuan ukur.
~Makin banyak barang dikonsumsi makin besar kepuasan.
2. Pendekatan Ordinal
Kelemahan pendekatan kardinal terletak pada anggapan yang digunakan bahwa kepuasan konsumen dari mengkonsumsi barang dapat diukur dengan satuan kepuasan. Pada kenyataannya pengukuran semacam ini sulit dilakukan. Pendekatan ordinal mengukur kepuasan konsumen dengan angka ordinal (relatif).